Wednesday, August 09, 2006
SEKOLAH (LAGI) YUK…
Masa sekolah sudah dimulai. Berarti kembali ke rutinitas. Bangun pagi, siap-siap, sarapan, antar-jemput, dan membahas kembali pelajaran di rumah. Setelah libur sebulan lamanya, kadang-kadang anak-anak memerlukan penyesuaian lagi ketika berada di sekolah. Bagi yang baru pertama kali sekolah, wow, inilah saat yang ditunggu-tunggu. Cemas, tapi kepingin. Kira-kira itulah yang dirasakan oleh anak. Karenanya, tingkahnya kadang-kadang berubah menjadi tidak biasa. Jangan terlalu khawatir, karena sekolah pun memberikan waktu untuk penyesuaian diri, yaitu selama 1 (satu) pekan.

Berikut adalah tips-tips yang dapat diterapkan orang tua. Semoga membantu.

  • Beri tenggang waktu yang cukup pada anak selama mempersiapkan dirinya. Jangan sampai terburu-buru oleh waktu.
  • Sedapat mungkin datang lebih awal (maksimal 20 menit sebelum waktu masuk) agar anak dapat dengan tenang memperhatikan dan menikmati keadaan sekolah.
  • Bila anak merasa malu atau enggan ditinggal sendiri, temani, tapi dengan jangka waktu tertentu. Misalnya, sampai saatnya masuk kelas. Kemudian, penuhi janji kepada anak. Apakah ditunggu di teras atau dijemput bila usai kelas.
  • Tidak perlu ‘intip-intip’ ke dalam kelas. Anak biasanya akan lebih rewel bila melihat wajah ayah/bundanya. Jadi, pasrah saja dengan keadaan di dalam kelas.
  • Guru memberi toleransi pada beberapa anak (maksimal 2 anak) yang masih perlu ditemani di dalam kelas. Bila ini terjadi pada anak anda, silakan temani anak. Tapi hanya sebatas menemani secara fisik. Anda cukup duduk di pojok ruangan, tanpa berkata-kata atau berbuat apa pun. Diam saja. Jangan pula berpindah tempat, misalnya dengan mengendap-endap keluar kelas. Keadaan ini akan memperburuk perilaku anak. Janjikan hal ini selama 1 pekan saja. Setelah waktu tersebut, apa pun yang terjadi, anda harus berada di luar kelas, jangan intip-intip, dan pastikan anda telah siap untuk menjemput ketika jam sekolah usai.
 
posted by alzena at 12:33 AM | Permalink |


0 Comments:


<Power music