Tuesday, August 01, 2006
Taman Bestari

Taman Bestari


ta.man n 1 kebun yang ditanami dgn bunga-bunga dsb (tempat bersenang-senang);
2 tempat (yang menyenangkan dsb)

bes.ta.ri kl a luas dan dalam pengetahuannya; berpendidikan baik; baik budi pekerti

Dasar Pemikiran

  • Anak adalah individu yang berkembang secara fisik, kecerdasan, sosial, emosi, dan spiritual. Dalam perkembangannya, anak memerlukan stimulasi dari lingkungan sekitarnya.
  • Masyarakat Indonesia mengalami masa perekonomian yang sulit. Keadaan ini berdampak besar pada perkembangan kemampuan anak yang merupakan generasi penerus bangsa.
  • Pemberdayaan potensi individu/kelompok, baik secara keahlian atau finansial, untuk membantu kelompok masyarakat lain yang membutuhkan.
  • Menggalakkan kembali prinsip saling membantu (gotong royong).
  • Membuat suatu model pendidikan alternatif yang berkualitas namun tidak memberatkan secara finansial. Model ini dapat ditindaklanjuti melalui penelitian dan dapat diterapkan sebagai model pendidikan murah berkualitas.

Pandangan Umum

Anak di bawah usia 6 tahun mengalami proses perkembangan yang luar biasa, seperti :

  • proses menjadi mandiri
  • koordinasi motorik yang semula belum terlatih menjadi lebih terampil
  • proses komunikasi menjadi interaksi dua arah dan meningkatnya pemahaman terhadap isi komunikasi
  • proses bermain yang mengalami perkembangan menjadi bermain bersama
  • perkembangan konsep dasar dan masih banyak aspek lainnya yang berkembang secara menakjubkan.

Masa kanak-kanak adalah saat yang istimewa untuk mengembangkan potensi individu sebagai bekal di kemudian hari. Anak memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang melalui interaksinya dengan lingkungan. Kelak, diharapkan anak menjadi individu yang mandiri, kreatif dan berbudi pekerti yang sesuai norma masyarakat. Namun, tak jarang, periode emas ini berlalu begitu saja seiring berjalannya waktu. Segudang alasan mulai dari tidak adanya kesempatan sampai tidak ada biaya atau pengetahuan seringkali melatarbelakangi terhambatnya perkembangan fisik, emosi, sosial atau kognisi anak.

Berdasarkan pemahaman di atas serta niat tulus agar dapat mendampingi orang tua dalam mengembangkan kemampuan anak sekaligus memberikan stimulasi bagi perkembangan anak, maka Taman Bestari ini diwujudkan.

Taman Bestari merupakan tempat bagi anak usia 3-5 tahun untuk melakukan kegiatan belajar secara menyenangkan. Taman Bestari merupakan pusat aktivitas (activity centre) yang menitikberatkan pada stimulasi perkembangan anak dan berperan sebagai pendamping orang tua dalam mengasuh dan mendidik putra-putrinya. Taman Bestari tidak dimaksudkan untuk menjadi Taman Kanak-Kanak, melainkan tempat pendidikan alternatif bagi anak-anak yang berasal dari keluarga dengan perekonomian terbatas. Oleh karena itu Taman Bestari tidak mengeluarkan ijazah atau surat tanda tamat belajar (STTB) layaknya lembaga pendidikan formal.

Aktivitas yang dilaksanakan di Taman Bestari mengacu pada niat untuk

  1. Memberi kesempatan pada anak untuk :
    1. bersosialisasi dengan baik
    2. bereksplorasi dan membangun kreativitas anak
    3. mengembangkan keterampilan motorik kasar dan motorik halus.
    4. mengembangkan kemampuan berbahasa
  2. Melatih anak untuk dapat terampil dalam berinteraksi dan berperilaku yang baik.
  3. Membangun rasa percaya diri pada anak
  4. Melatih anak untuk mandiri serta memberi kesempatan pada anak untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang dihadapi.

Visi Taman Bestari

“Dengan kekuatan bersama untuk Indonesia yang lebih baik”.

  • Memberi kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak bangsa untuk dapat mengembangkan diri sehingga menjadi individu yang berkualitas.
  • Memberdayakan masyarakat dengan prinsip gotong royong.

Misi Taman Bestari

Mempersiapkan dan membantu anak dalam mengembangkan aspek motorik, daya pikir, sosio-emosional, kreativitas dan keterampilan hidup agar dapat berkembang secara optimal.


Tujuan Pendidikan/Aktivitas Taman Bestari

Belajar Hidup yang memuat aspek keterampilan yang diperlukan dalam hidup keseharian.

Belajar menjadi diri sendiri yang mendidik individu agar dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan punya harga diri.

Belajar bermasyarakat mendidik anak mengenai nilai-nilai toleransi, perdamaian, pelestarian lingkungan dan kesadaran bahwa manusia akan hidup dalam sebuah dunia yang global.

Metode Pembelajaran

Active Learning. Proses kegiatan di Taman Bestari menggunakan pendekatan Active Learning. Melalui belajar aktif, anak akan mendengarkan, melihat, memperhatikan, mengajukan pertanyaan, berdiskusi dan terutama bereksplorasi dengan kegiatan yang diberikan, sehingga anak dapat lebih memahami materi yang diajarkan serta kreatif dalam mencari penyelesaian suatu masalah.

Integrated Study. Materi kegiatan akan diberikan secara terpadu atau saling terkait yang mengacu pada suatu tema sehingga anak dapat dengan mudah memahami suatu materi.

Program Materi

Taman Adik

Pembelajaran utama pada aspek sosialisasi, kemandirian, dan penguasaan konsep dasar, motorik kasar dan halus.

Taman Kakak

Pembelajaran utama pada kerja sama, pemantapan konsep dasar, pemantapan perkembangan motorik kasar dan halus.

Batasan Usia

Peserta kegiatan adalah anak berusia 3 tahun sampai 5 tahun.

Pertemuan Orang Tua dengan Guru

Pertemuan orang tua dan guru akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali untuk membahas perkembangan anak.

Pertunjukan Siswa

Setiap akhir tahun, anak-anak akan menampilkan suatu pertunjukan bersama yang disaksikan oleh orang tua dan undangan.

Dimensi Ruangan

Ruangan yang tersedia adalah ruangan indoor untuk area bahasa dan bermain peran. Ruangan outdoor berfungsi untuk playground dan hall yang dapat digunakan untuk kegiatan yang memerlukan meja dan kursi atau olahraga.

Mainan & Perlengkapan

Mainan dan perlengkapan disesuaikan dengan perkembangan dan keamanan bagi anak. Sedapat mungkin alat permainan dan perlengkapan kegiatan menggunakan barang rumah tangga yang mudah didapat. Misalnya, sebagai pengganti balok kayu digunakan kotak-kotak bekas produk makanan, alat musik drum menggunakan ember bekas atau galon air mineral bekas, panggung boneka dari kardus besar bekas kulkas, dsb.

Jadwal Kegiatan

Kelas dimulai pada bulan Februari 2006. Secara umum, kegiatan di Taman Bestari akan mengikuti kalender pendidikan nasional. Kegiatan akan libur setiap hari libur nasional dan libur setiap 3 bulan sekali selama 1 pekan. Untuk hari raya Idul Fitri, kegiatan akan libur 1 minggu sebelum sampai 1 minggu sesudah hari raya. Di akhir tahun, kegiatan akan libur 1 pekan setelah pertunjukan siswa.

Taman Adik

Bagi anak usia 3.0 – 4.0 tahun. Kegiatan 3 x dalam satu pekan (Senin-Rabu-Jumat).

Taman Kakak

Bagi anak usia 4.0 – 5.0 tahun. Kegiatan 3 x dalam satu pekan (Selasa-Kamis-Jumat)

Waktu

Senin / Selasa

Rabu / Kamis

Jumat

08.30 – 08.45

Outdoor Play

Outdoor Play

Outdoor Play

08.45 – 09.00

Circle Time

Circle Time

Circle Time

09.00 – 09.30

Art & Craft / Fine Motor

Pretend Play / Practical Life Activities

Gross motor / Sport

09.30 – 10.00

Language / Story Circle

Science/Cooking

Music/Creative Movement

10.00 – 10.15

Closing Circle

Closing Circle

Snack/Meals

10.15 – 10.30



Closing Circle

Bahasa Pengantar

Bahasa pengantar utama adalah bahasa Indonesia.

Makan Bersama (Snack/Meals Time)

Dilakukan setiap hari Jumat. Makanan di sediakan oleh Taman Bestari. Makanan dibuat bervariasi dan bergizi, namun menggunakan bahan sederhana yang mudah didapat. Setiap 2 pekan anak mendapatkan tambahan susu. Menu makanan misalnya : puding, crackers, sup sayur dan telur puyuh, bubur kacang ijo, bubur sumsum, bihun goreng sayur, burger tempe, sandwich sayur, makaroni tahu, aneka kue basah, pancake ceria.

Selain untuk meningkatkan gizi anak, makan bersama ini bertujuan pula untuk melatih anak dalam etika makan bersama dan kemandirian. Anak diminta untuk melakukan proses makan secara mandiri, seperti mengambil makanan, makan sendiri, dan merapikan peralatan makan setelah selesai makan. Selain itu, untuk memberikan ide bagi orang tua dalam memberikan menu pada anak.

Rasio Jumlah Pengajar dan Siswa

Setiap kelas akan dipimpin oleh 1 (satu) orang guru utama dan 1 (satu) orang guru bantu. Jumlah maksimal siswa dalam satu kelas adalah 10 (sepuluh) anak.

Pengantar

Anak diharapkan dapat mengikuti kegiatan tanpa didampingi oleh pengantar. Bagi anak yang masih memerlukan pendampingan, diberikan waktu selama 2 minggu sejak awal kegiatan berlangsung untuk dapat melalui proses adaptasi.

Lokasi

Sebagai proyek percontohan, Taman Bestari akan dilaksanakan di daerah Pejaten Barat, Pasar Minggu-Jakarta Selatan. Selanjutnya akan dikembangkan model yang sama di daerah-daerah yang membutuhkan.

Pembiayaan

Taman Bestari direncanakan memiliki sumber pendanaan sebagai berikut :

- Uang pangkal Rp. 25.000 (dapat dicicil dalam 2 bulan)

- Uang bulanan Rp. 15.000

- Donasi rutin.

Anggaran operasional bulanan terlampir.

Laporan keuangan akan diberikan kepada donatur setiap 3 bulan sekali. Diharapkan para donatur secara rutin menyumbangkan dananya, karena operasional kegiatan ini sangat bergantung pada donasi. Mengingat para peserta kegiatan berasal dari keluarga dengan perekonomian terbatas. Namun, peserta kegiatan harus tetap membayar biaya kegiatan (bulanan) untuk menumbuhkan harga diri dan tanggung jawab atas pendidikan. Bila ada peserta kegiatan yang memiliki kemampuan, maka diharapkan mereka membayar lebih sebagai subsidi.

Selain donasi berupa uang, Taman Bestari mengharapkan kesediaan masyarakat di sekitar lokasi untuk menyumbangkan barang-barang bekas yang dibutuhkan Taman Bestari sebagai media pembelajaran.

Saat ini Taman Bestari sudah memiliki kelengkapan seperti electone keyboard, meja-kursi anak sebanyak 25 set, perlengkapan edukatif dan buku anak, perlengkapan pretend play (main pura-pura), perlengkapan makan (piring, mangkuk, gelas, sendok, garpu) sebanyak 25 set, beberapa rak dan tempat penyimpanan, alas lantai/matras, pemutar kaset/cd. Total aset yang sudah dimiliki sekitar Rp. 7.000.000.

Pengembangan

Diharapkan dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun setelah Taman Adik dan Taman Kakak mulai beroperasi, Taman Bestari dapat menyediakan aktivitas sore bagi anak usia 5-6 tahun (persiapan sekolah dasar) dan anak usia 6-11 tahun (program pengayaan).

Kerjasama

Taman Bestari akan menjalin kerjasama dengan klinik kesehatan anak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sekaligus untuk memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal profesi dan menambah pengetahuan mengenai kesehatan.

Selain itu, Taman Bestari akan membuka kerjasama dengan LSM bidang pendidikan untuk menambah wawasan mengenai kependidikan dan materi pendidikan.

Penggagas dan Pelaksana

Taman Bestari digagas oleh Alzena Masykouri dan Lelita Yuliana. Keduanya adalah psikolog anak.
 
posted by alzena at 9:01 PM | Permalink |


3 Comments:


<Power music